PEMERINTAH KABUPATEN
KARAWANG
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMK NEGERI 1 KARAWANG
Jl. Pangkal perjuangan tlp.(0267) –
401651 fax. 417258karawang
PROPOSAL
KERJA PROYEK
Kelompok
3
Ø Fermika Rolian Arnanda
Ø Nandang Zulfikar Firdaus
Ø Royyan Firdaus
Ø Wahyu Nur Hidayat
Kelas : XII TKJ
2
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr.wb
Puji
syukur kami panjatkan kepada allah swt yang telah melimpahkan rahmat nya kepada
kami semua hingga kami dapat menyelesaikan proposal ini dengan sebaik-baiknya.
Tak
lupa kami mengucap kan terima kasih yang sebesar-besar nya kepada Bapak
Bimuka Jati Andro Meda yang telah memberikan kami waktu sehingga kami
bisa menyelesaikan proposal ini dengan rasa penuh tanggung jawab dan bangga
sehingga proposal ini dapat terselesaikan dengan baik.
Kami
sadari dalam pembuatan proposal ini masih banyak sekali kekurangan, karena itu
kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dari isi proposal
ini.Dan kami mengharapkan kritik dan
saran untuk kami supaya kami bisa belajar dengan lebih baik lagi.
Sekali
lagi kami ucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya.
Karawang, 21Oktober 2015
|
Penyusun,
|
|
Kelompok 3
|
Daftar isi
Cover.................................................................................................................................. 1
Kata pangantar................................................................................................................... 2
Daftar isi............................................................................................................................. 3
Bab
I Pendahuluan............................................................................................................. 4
A.
Latar belakang ....................................................................................................... 4
B. Rumusan
Masalah................................................................................................... 4
C. Lokasi
Proyek......................................................................................................... 4
D. Maksud
dan Tujuan................................................................................................ 4
Bab II Pembahasan Projeck................................................................................................ 5
A.
projeck.................................................................................................................... 5
B.
Kelebihan dan Kekurangan.................................................................................... 5
Bab III produk................................................................................................................... 6
A.
Bahan Produksi...................................................................................................... 6
B.
Fasilitas dan Peralatan Produksi............................................................................. 6
C.
Rancangan Kerja dan Proses Produksi................................................................... 6
D.
Jenis Produksi......................................................................................................... 6
Bab IV Analisis Pasar......................................................................................................... 7
A.
Sasaran Pasar dan Konsumen................................................................................. 7
B.
Jadwal Pelaksanaan................................................................................................ 7
C.
Analisis s.w.o.t....................................................................................................... 7
D.
Promosi dan Pemasaran.......................................................................................... 7
Bab
V Penutupan .............................................................................................................. 8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pada zaman Globalisasi ini
masyarakat umum sangat cepat mengetahui berbagai informasi dari berbagai
teknologi saat ini. Akibatnya barbagai informasi tersebut merubah gaya hidup
masyarakat umum menjadi lebih konsumtif.
Salah satunya adalah perkembangan
teknologi yang sangan pesat, kebutuhan masyarakat akan teknologi sangatlah
tinggi, banyak berbagai perusahaan yang menyediakan berbagai macam jasa IT untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga banyaknya pesaing penyedia jasa pada
bidang IT.
Permasalahan tersebut menjadikan
para IT Support cukup kebingungan karena banyaknya pesaing penyedia layanan
jasa pada bidang IT, oleh karna itu kami lebih memilih pemasaran pada area
sekolah untuk memenuhi kebutuhan para siswa dengan mengunggulkan sebuah
kualitas dan harga yang cocok untuk para pelajar di sekolah.
1.2 Rumusan
Masalah
Dari latar belakang tersebut, timbul
berbagai permasalahan antara lain :
1. Bagaimana
menemukan pemasangan jaringan dengan
harga terjangkau?
2. Bagaimana memasang Internet akses di rumah atau toko?
1.3 Lokasi
Projek
Projek
ini akan dilaksanakan di karawang
1.4 Maksud
dan Tujuan
Dengan adanya projek ini merupakan
upaya untuk merealisasikan impian masyarakat untuk Mencari jasa IT sesuai
dengan kebutuhan pelanggan dan juga menjaga keberlangsungan IT Suppor karna
tingginya minat akan IT Support dengan harga terjangkau.
Untuk melaksanakan Maksud tersebut, pembuatan projek
terpadu ini diarahkan untuk mencapai
·
Kepuasan pelanggan
·
Keberhasilan serta intuitas dan
kontinuitas dari IT Support itu sendiri
·
Timbulnya pola fikir hemat pada masyarakat umum agar
tidak lagi bersifat konsumtif karena lebih memilih banyak hal yang berkualitas
tinggi namun harga terjangkau dibandingkan dengan hal yang berkualitas tidak
jauh beda tapi dengan harga cukup mahal.
1.5 Jangkauan
dan Batasan Pelaksanaan Kegiatan
Jangkauan Kegiatan project yang
dilaksanakan dalam kegiatan ini akan menjangkau area – area pengembangan baik
secara fisik maupun konseptual sebagaimana tercantum berikut ini.
·
Segmentasi tertuju terhadap masyarakat Kab Karawang.
·
Tertuju kepada kelompok yang mengedepankan gaya hidup
modern tapi tetap hemat.
BAB II
PEMBAHASAN PROJEK
1.1 PROJEK
A. Nama Projek
“IT SUPPORT”
Yang bermakna IT Support dengan
harga terjangkau agar segala impian dapat tercapai termasuk sisa uang yang
dapat digunakan untuk berbagai biaya lain .
B. Spesifikasi
·
Pemasangan jaringan.
·
Maintenance jaringan.
·
Monitoring jaringan
1.2 KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN PROJEK
A. Kelebihan Projek
·
Projek
tergolong jarang ada.
·
Projek
mempermudah IT Support untuk membantu permaslahan computer.
·
Projek
mempermudah serta menarik perhatian pembeli/pelanggan untuk menggunakan jasa IT
Support.
·
Mengedepankan
segi keindahan untuk kepuasan pelanggan.
B. Kekurangan Projek
·
Banyaknya
pesaing di area sekolah.
·
Kurangnya pengembangan pada
jaringan yang kami pasang
BAB
III
PRODUK
1.1
Bahan
produksi
·
Personal Komputer
(PC)
·
Tang Crimping
·
Kabel UTP
·
Kabel Coaxial
·
LAN Card / Modem
·
Repeater
·
Obeng
1.2
Rancangan Kerja dan Proses Produksi
1.
Siapkan Wi-Fi
router dan kabel powernya.
2.
Siapkan modem
dengan sim card data internet terpasang (asumsi sudah punya)
3.
Colokkan kabel
power USB ke Wi-Fi router, masukkan kabel power ke stop-kontak
4.
Pasang USB modem
ke Wi-Fi router
5.
Pada bagian
Wi-Fi router ada label KEY, catat nomor KEY tersebut. Pada device yang ingin
terkoneksi, nyalakan Wi-Fi, pilih dan masukkan nomor KEY (ini hanya dilakukan
sekali saja, selanjutkan akan otomatis).
7.
Untuk setting
gunakan browser, buka alamat IP default yang tertera pada Wi-Fi router
(192.168.0.254). Masukkan default user dan password yang juga tertera pada
Wi-Fi router (admin/admin). Pada bagian ini anda bisa melakukan banyak setting
misal mengubah IP, mengubah KEY, restart dll.
BAB IV
ANALISIS PASAR
1.1 Sasaran pasar / Konsultan
Untuk memenuhi kebutuhan para siswa
akan jasa yang kami sediakan, Jangkauan Kegiatan project yang dilaksanakan
dalam kegiatan ini akan menjangkau area – area sekolah dan daerah Kabupaten
Karawang
·
Segmentasi tertuju terhadap Masyarakat Kabupaten Karawang.
·
Tertuju kepada para masyarakat yang mengedepankan gaya hidup modern tapi tetap hemat.
1.2 Jadwal Pelaksanaan
N0
|
DESKRIPSI PEKERJAAN
|
MINGGU KE
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
1.
|
Tahapan Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tahapan Survey
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tahapan Pengembangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Tahapan Pengadaan Perangkat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Tahapan Implementasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Tahapan Pengujian Sistem
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Tahapan Perealisasian project
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Tahapan Pelatihan dan Pendampingan
|
pada masa pendampingan
|
|||||||
9.
|
Tahapan Operasionalisasi dan Perawatan
|
pada masa perawatan
|
1.3 Analisis S.W.O.T
Analisis swot
adalah metode perancanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan
(strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman
(thereats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor
itulah yang melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis
atau proyek dan mengidentifikasi factor internal dan eksternal yang mendukung
dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis swot dapat di terapkan
dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat
factornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik swot, dimana aplikasinya
adalah bagaimana kekuatan (strenght) mampu mengambil keuntungan (advantage)
dari peluang (opportunities) yang ada. Bagaimana cara mengatasi
kelemahan(weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang
(opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strenght) mampu
menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara
mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi
nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
1.
Strenght (kekuatan)
Jasa kami memiliki kelebihan yaitu dengan adanya negosiasi harga kepada pelanggan, dan uang
dapat kembali 50% jika pelanggan tidak merasa puas
2.
Weakness (kelemahan)
Sedikitnya peralatan yang kami miliki sehingga kami
berkerja sama dengan dengan perusahaan penyedia jasa internet
3.
Opportunity (peluang)
Peluang bagi jasa yang kami buat sangatlah besar
karena dengan kelebihan produk yang ditawarkan dibanding dengan yang lain,
membuat masyaraka
cenderung memilih jasa
yang kami sediakan
dibandingkan dengan produk lain.
4. Threat
(ancaman)
Ancaman yang
kami khawatirkan adalah maraknya pesaing yang menawarkan jasa yang sama seperti kami tawarkan,
sehingga dapat menurun tingkat penjualannya.
1.4 Promosi dan Pemasaran
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan dan
menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli
atau mengkonsumsinya.Dengan adanya promosi produsen atau distributor
mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
1.
Tujuan promosi
Tujuan promosi di antaranya adalah
:
Ø menyebarkan informasi produk kepada target
pasar potensial
Ø Untuk
mendapatkan kenaikan penjualan dan profit / laba
Ø Untuk
mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
Ø Untuk
menjagakestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
Ø Membedakan
serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
Ø Mengubah
citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
Ø Mengubah
tingkah laku dan pendapat konsumen
2.
Cara promosi
Cara promosi yang kita lakukan
adalah mengenalkan produk kita secara langsung dengan konsumen
Untuk pemasaran kami
mempunyai rencana untuk memasarkannya langsung kepelanggan, dengan cara ini
kami bisa berinteraksi langsung dengan para pelanggan kami
BAB V
PENUTUP
Sebelumnya
tidak lupa kami ucapkan alhamdulilah karena proposal kerja proyek ini telah
kami selesaikan dengan sebaik baiknya dan dengan sebenar benarnya.
Sebelumnya
kami ucapkan terimakasih atas semua pihak yang telah terlibat dalam pembuatan
proposal ini baik secara langsung maupun tidak langsung.Dan kami juga tidak
lupa mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya apabila ada terdapat
kesalahan dalam isi proposal ini maupun dari segi lainnya yang tidak bisa
diterima.
Sekali
lagi kami ucapkan terimakasih yang sebanyak banyaknya, khususnya terimakasih
yang sebesar besarnya kepada bapak Bimuka Jati Andro Meda selaku guru dan juga
pembimbing dalam pelajaran kerja proyek dan
juga telah memeriksa proposal kami sehingga proposal yang kami buat ini bisa
menjadi seperti ini.
Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih yang
sebesar besarnya
Wassalamualaikum wr.wb
Bacot
ReplyDeleteGA SOPAN
Delete