Wednesday, April 5, 2017

Contoh Tugas Proposal Kerja Proyek





 



PEMERINTAH KABUPATEN KARAWANG
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA

SMK NEGERI 1 KARAWANG
Jl. Pangkal perjuangan tlp.(0267) – 401651 fax. 417258karawang

PROPOSAL
KERJA PROYEK









 


Kelompok 3
Ø  Fermika Rolian  Arnanda
Ø  Nandang Zulfikar Firdaus
Ø  Royyan Firdaus
Ø  Wahyu Nur Hidayat
Kelas : XII TKJ 2

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum wr.wb
          Puji syukur kami panjatkan kepada allah swt yang telah melimpahkan rahmat nya kepada kami semua hingga kami dapat menyelesaikan proposal ini dengan sebaik-baiknya.
          Tak lupa kami mengucap kan terima kasih yang sebesar-besar nya kepada Bapak  Bimuka Jati Andro Meda yang telah memberikan kami waktu sehingga kami bisa menyelesaikan proposal ini dengan rasa penuh tanggung jawab dan bangga sehingga proposal ini dapat terselesaikan dengan baik.
          Kami sadari dalam pembuatan proposal ini masih banyak sekali kekurangan, karena itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dari isi proposal ini.Dan kami mengharapkan  kritik dan saran untuk kami supaya kami bisa belajar dengan lebih baik lagi.
          Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya.






Karawang, 21Oktober 2015
Penyusun,

Kelompok 3




Daftar isi

Cover.................................................................................................................................. 1
Kata pangantar................................................................................................................... 2
Daftar isi............................................................................................................................. 3
Bab I Pendahuluan............................................................................................................. 4
A.    Latar belakang ....................................................................................................... 4
B.     Rumusan Masalah................................................................................................... 4
C.     Lokasi Proyek......................................................................................................... 4
D.    Maksud dan Tujuan................................................................................................ 4
Bab II Pembahasan Projeck................................................................................................ 5
A.    projeck.................................................................................................................... 5
B.     Kelebihan dan Kekurangan.................................................................................... 5
Bab III produk................................................................................................................... 6
A.    Bahan Produksi...................................................................................................... 6
B.     Fasilitas dan Peralatan Produksi............................................................................. 6
C.     Rancangan Kerja dan Proses Produksi................................................................... 6
D.    Jenis Produksi......................................................................................................... 6
Bab IV Analisis Pasar......................................................................................................... 7
A.    Sasaran Pasar dan Konsumen................................................................................. 7
B.     Jadwal Pelaksanaan................................................................................................ 7
C.     Analisis s.w.o.t....................................................................................................... 7
D.    Promosi dan Pemasaran.......................................................................................... 7
Bab V Penutupan .............................................................................................................. 8





BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

Pada zaman Globalisasi ini masyarakat umum sangat cepat mengetahui berbagai informasi dari berbagai teknologi saat ini. Akibatnya barbagai informasi tersebut merubah gaya hidup masyarakat umum menjadi lebih konsumtif.
Salah satunya adalah perkembangan teknologi yang sangan pesat, kebutuhan masyarakat akan teknologi sangatlah tinggi, banyak berbagai perusahaan yang menyediakan berbagai macam jasa IT untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga banyaknya pesaing penyedia jasa pada bidang IT.
Permasalahan tersebut menjadikan para IT Support cukup kebingungan karena banyaknya pesaing penyedia layanan jasa pada bidang IT, oleh karna itu kami lebih memilih pemasaran pada area sekolah untuk memenuhi kebutuhan para siswa dengan mengunggulkan sebuah kualitas dan harga yang cocok untuk para pelajar di sekolah.

1.2       Rumusan Masalah

Dari latar belakang tersebut, timbul berbagai permasalahan antara lain :
1.       Bagaimana menemukan pemasangan jaringan dengan harga terjangkau?
2.       Bagaimana memasang Internet akses di rumah atau toko?

1.3       Lokasi Projek

            Projek ini akan dilaksanakan di karawang

1.4       Maksud dan Tujuan
Dengan adanya projek ini merupakan upaya untuk merealisasikan impian masyarakat untuk Mencari jasa IT sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan juga menjaga keberlangsungan IT Suppor karna tingginya minat akan IT Support dengan harga terjangkau.










Untuk melaksanakan Maksud tersebut, pembuatan projek terpadu ini diarahkan untuk mencapai

·         Kepuasan pelanggan
·         Keberhasilan serta intuitas dan kontinuitas dari IT Support itu sendiri
·         Timbulnya pola fikir hemat pada masyarakat umum agar tidak lagi bersifat konsumtif karena lebih memilih banyak hal yang berkualitas tinggi namun harga terjangkau dibandingkan dengan hal yang berkualitas tidak jauh beda tapi dengan harga cukup mahal.




1.5       Jangkauan dan Batasan Pelaksanaan Kegiatan

Jangkauan Kegiatan project yang dilaksanakan dalam kegiatan ini akan menjangkau area – area pengembangan baik secara fisik maupun konseptual sebagaimana tercantum berikut ini.

·           Segmentasi tertuju terhadap masyarakat Kab Karawang.
·           Tertuju kepada kelompok yang mengedepankan gaya hidup modern tapi tetap hemat.

























BAB II
PEMBAHASAN PROJEK

1.1       PROJEK
A.    Nama Projek

“IT SUPPORT”
                            
Yang bermakna IT Support dengan harga terjangkau agar segala impian dapat tercapai termasuk sisa uang yang dapat digunakan untuk berbagai biaya lain .

B.     Spesifikasi
·           Pemasangan jaringan.
·           Maintenance jaringan.
·           Monitoring jaringan

1.2        KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PROJEK

A.    Kelebihan Projek
·         Projek tergolong jarang ada.
·         Projek mempermudah IT Support untuk membantu permaslahan computer.
·         Projek mempermudah serta menarik perhatian pembeli/pelanggan untuk menggunakan jasa IT Support.
·         Mengedepankan segi keindahan untuk kepuasan pelanggan.

B.     Kekurangan Projek
·         Banyaknya pesaing di area sekolah.
·         Kurangnya pengembangan pada jaringan yang kami pasang



















BAB III
PRODUK


1.1             Bahan produksi

·         Personal Komputer (PC)
·         Tang Crimping 
·         Kabel UTP
·         Kabel Coaxial
·         LAN Card / Modem
·         Repeater
·         Obeng


1.2             Rancangan Kerja dan Proses Produksi

1.      Siapkan Wi-Fi router dan kabel powernya.
2.      Siapkan modem dengan sim card data internet terpasang (asumsi sudah punya)
3.      Colokkan kabel power USB ke Wi-Fi router, masukkan kabel power ke stop-kontak
4.      Pasang USB modem ke Wi-Fi router
5.      Pada bagian Wi-Fi router ada label KEY, catat nomor KEY tersebut. Pada device yang ingin terkoneksi, nyalakan Wi-Fi, pilih dan masukkan nomor KEY (ini hanya dilakukan sekali saja, selanjutkan akan otomatis).
6.      Test browsing misal ke http://rumorkamera.com
7.      Untuk setting gunakan browser, buka alamat IP default yang tertera pada Wi-Fi router (192.168.0.254). Masukkan default user dan password yang juga tertera pada Wi-Fi router (admin/admin). Pada bagian ini anda bisa melakukan banyak setting misal mengubah IP, mengubah KEY, restart dll.








BAB IV
ANALISIS PASAR
1.1  Sasaran pasar / Konsultan


Untuk memenuhi kebutuhan para siswa akan jasa yang kami sediakan, Jangkauan Kegiatan project yang dilaksanakan dalam kegiatan ini akan menjangkau area – area sekolah dan daerah Kabupaten Karawang

·           Segmentasi tertuju terhadap Masyarakat Kabupaten Karawang.
·           Tertuju kepada para masyarakat yang mengedepankan gaya hidup modern tapi tetap hemat.

1.2  Jadwal Pelaksanaan

N0
DESKRIPSI PEKERJAAN
MINGGU KE
1
2
3
4
5
6
7
8
1.
Tahapan Persiapan







2.
Tahapan Survey







3.
Tahapan Pengembangan







4.
Tahapan Pengadaan Perangkat







5.
Tahapan Implementasi







6.
Tahapan Pengujian Sistem







7.
Tahapan Perealisasian project







8.
Tahapan Pelatihan dan Pendampingan
pada masa pendampingan
9.
Tahapan Operasionalisasi dan Perawatan
pada masa perawatan


1.3  Analisis S.W.O.T
Analisis swot adalah metode perancanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (thereats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi factor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis swot dapat di terapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat factornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik swot, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strenght) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada. Bagaimana cara mengatasi kelemahan(weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strenght) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

1.         Strenght (kekuatan)
Jasa kami memiliki kelebihan yaitu dengan adanya negosiasi harga kepada pelanggan, dan uang dapat kembali 50% jika pelanggan tidak merasa puas

2.         Weakness (kelemahan)
Sedikitnya peralatan yang kami miliki sehingga kami berkerja sama dengan dengan perusahaan penyedia jasa internet

3.         Opportunity (peluang)
Peluang bagi jasa yang kami buat sangatlah besar karena dengan kelebihan produk yang ditawarkan dibanding dengan yang lain, membuat masyaraka cenderung memilih jasa yang kami sediakan dibandingkan dengan produk lain.

4.      Threat (ancaman)
Ancaman yang kami khawatirkan adalah maraknya pesaing yang menawarkan jasa yang sama seperti kami tawarkan, sehingga dapat menurun tingkat penjualannya.



1.4  Promosi dan Pemasaran
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan dan menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

1.         Tujuan promosi
Tujuan promosi di antaranya adalah :
Ø   menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
Ø  Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit / laba
Ø  Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
Ø  Untuk menjagakestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
Ø  Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
Ø  Mengubah citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
Ø  Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen

2.         Cara promosi
Cara promosi yang kita lakukan adalah mengenalkan produk kita secara langsung dengan konsumen


Untuk pemasaran kami mempunyai rencana untuk memasarkannya langsung kepelanggan, dengan cara ini kami bisa berinteraksi langsung dengan para pelanggan kami







BAB V
PENUTUP

Sebelumnya tidak lupa kami ucapkan alhamdulilah karena proposal kerja proyek ini telah kami selesaikan dengan sebaik baiknya dan dengan sebenar benarnya.

Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas semua pihak yang telah terlibat dalam pembuatan proposal ini baik secara langsung maupun tidak langsung.Dan kami juga tidak lupa mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya apabila ada terdapat kesalahan dalam isi proposal ini maupun dari segi lainnya yang tidak bisa diterima.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebanyak banyaknya, khususnya terimakasih yang sebesar besarnya kepada bapak Bimuka Jati Andro Meda selaku guru dan juga pembimbing dalam  pelajaran kerja proyek dan juga telah memeriksa proposal kami sehingga proposal yang kami buat ini bisa menjadi seperti ini.

                 Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya
Wassalamualaikum wr.wb


2 comments: