Wednesday, April 5, 2017

Contoh Makalah Analisis Lagu

BAB I
PENDAHULUAN
1.LATAR  BELAKANG


Istilah kritik atau critism (Inggris) berasal dari bahasa Yunani yakni kritikosyang berhubungan dengan krinein yang berarti memisahkan, mengamati, membandingkan dan menimbang. Di Yunani ada kata krites yang maksudnya hakim, dengan kata kerja krinein berarti juga menghakimi. Kritikos berarti juga hakim kesusasteraan. Istilah ini ada semenjak abad ke IV sebelum kelahiran kristus. Menurut sejarahnya, seorang bernama Pilatus dari pulau Kos yang pada tahun 305 Sebelum Masehi didatangkan ke Alexandria untuk menjadi guru raja Ptolomeus II dan dianugerahi julukan penyair dan kritikos sekaligus (Hardjana, 1981).

Terjadinya kritik disebabkan adanya ketidak sesuaian, penyimpangan ataupun lepasnya batas-batas normatif dalam pandangan obyektif pelaku kritik. Tentu pandangan masing-masing pelaku kritik didasari dari latar belakang ilmu pengetahuan dan pengalamannya secara menyeluruh.

Artinya kritik pun bisa bermakna subyektif bisa pula bermakna obyektif. namun nilai kritik akan sangat bisa di terima, tentunya, jika sudah melalui seleksi mayoritas atas pandangan yang obyektif.

Situasi kondisi dalam hal ini. Sangat mudah kita saksikan. Baik itu di wilayah public, maupun dalam wilayah-wilayah yang lebih kecil. Misalnya lingkungan sekitar. Atau bisa juga dalam sebuah komunitas tertentu. Prilaku kritik mengkritik sangat mudah di jumpai dimana saja. dalam konteks sesuai dengan wilayah masing-masing.

Mengkritik sebaiknya di barengi dengan semangat untuk membenahi. Semangat untuk menciptakan kondisi yang lebih baik daripada sebelumnya. bukan sebaliknya. Jadi jikapun terjadi sebaliknya, berarti ada yang konslet dari proses kritik mengkritik itu. Dan disitulah yang musti dibenahi.

Dalam kehidupan sosial secara umum, kritik mengkritik kerap terjadi. saya yakin dengan menjaga prinsip-prinsip saling menghormati, realistis dan menggunakan teknik komunikasi yang cerdas, maka kritik akan menjadi perbuatan yang menyenangkan.






BAB II
ISI
PAUL ROBESON   : GLOOMY SUNDAY
Sunday is gloomy,
My hours are slumberless,
Dearest the shadows
I live with are numberless
Little white flowers will
never awaken you
Not where the black coach
of sorrow has taken you
Angels have no thought of
ever returning you
Would they be angry
if I thought of joining you
Gloomy Sunday.
Gloomy is sunday
with shadows I spend it all
My heart and I have
decided to end it all
Soon there’ll be candles
and prayers that are sad,
I know, let them not weep,
let then know
that I’m glad to go
Death is no dream,
for in death I’m caressing you
With the last breath of my
soul I’ll be blessing yo



1.      DESKRIPSI
Deskripsi adalah tahapan dalam kritik untuk menemukan, mencatat dan mendeskripsikan segala sesuatu yang dilihat apa adanya dan tidak berusaha melakukan analisis atau mengambil kesimpulan. Dari instrument dan musik yang saya lihat adalah sebagai berikut :
·         Lagu yang berjudul Gloomy Sunday
·         Pencipta lagu Sam M. Lewis
·         penyanyi dari lagu tersebut adalah Paul Robeson
·         lagu ini populer pada tahun 1941
Musik yang dimainkan pada saat pembuka alunan musiknya begitu pelan
Dengan alunan nada yang sangat lembut sehingga setiap pendengar merasakan sensasi mistik dengan lirik yang penuh dengan hari minggu yang kelabu.

   2.ANALISIS

Lirik yang dikarang oleh Sam M. Lewis ini ternyata mengarah ke bunuh diri, maka lagu ini dideskripsikan oleh label rekaman mereka sebagai “lagu bunuh diri Hungaria.” Setelah, itu banyak yang mengaku bahwa ada banyak orang memutuskan bunuh diri ketika mendengarkan lagu tersebut. di dalam lirik lagu Gloomy Sunday ini terdapat masa lalu kelam yang tersembunyi dan di zamannya, banyak orang mengenal lagu ini sebagai lagu pengiring kematian. Tidak lama dari beredarnya kabar bahwa banyak orang meninggal bunuh diri karena menikmati Gloomy Sunday, sang pencipta lagu juga ikut meninggal.
                   Interpretasi yaitu tahapan penafsiran makna sebuah karya seni meliputi gaya perseorangan,tema yang digarap, kreatifitas. Teknik:
Seseorang dengan hari minggu yang suram dan berusaha untuk mengakhiri hidupnya sendiri
A.      Tema
Temanya dari lagu tersebut adalah bertemakan tentang seseorang dengan hari minggu yang sangat muram sehingga menginginkan mengakhiri hidupnya
B.       Kreativitas
Menurut saya musik yang mereka mainkan begitu unik, mulai dari instrumen musik yang sangat melekat dengan liriknya sehingga membawakan suasana yang sedu.
                                                                                                                            




3. INTERPRESTASI
Pesan yang disampaikan dari lagu ini adalah :
·         Dari lagu ini,kita dapat merasakan kesedihan yang sangat luar biasa pada hari minggu

·         Dari  lagu ini,kita juga mampu merasakan bagaimana rasanya menjadi mereka yang sedang patah hari ataupun yang sedang merasakan kesedihan.

No comments:

Post a Comment